Indonesia National Anthem - Informasi dan Download | GNA

Ini dia! lagu kebangsaan kita, Indonesia Raya!




   kita sebagai rakyat Indonesia pasti setuju untuk menempatkan lagu Indonesia Raya sebagai National Anthem terbaik sepanjang masa. Mengapa bisa begitu?

   Coba kalian hayati lagu Indonesia Raya, sebaik-baiknya jangan asal dinyayikan saja. Maknanya sungguh indah. Ini bukan hanya sekedar lagu, ini adalah lagu yang luar biasa. saya sangat berpendapat dengan itu. menurut saya lagu Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan terbaik di seluruh dunia.

   Tapi, kalian harus tahu, saya adalah tipe orang yang objektif bukan subjektif. Saya menilai objeknya bukan orang dibalik objeknya. Maksudnya saya menilai lagu Indonesia Raya istu sangat indah bukan hanya karena saya lahir dan besar di Indonesia, tapi karena lagunya sendiri memang indah. Jika saya lahir di negara lain selain Indonesia (jangan jauh-jauh lah, misalnya Malaysia atau Singapura) begitu saya mendengar lagu Indonesia Raya, saya pasti langsung menangis. Saya bukan tipe orang yang biasa dibilang lebay/alay, tapi apa saya tidak boleh menangis mendengar lagu terindah yang sangat megah?

   Oke, kita kembali ke topik pembicaraan. Sekilas tentang Lagu Indonesia Raya, kalian pasti sudah tahu siapa yang menulis/membuat lagu Indonesia Raya, yakni Wage Rudolf Supratman. Tapi apakah kalian tahu, bahwa dulu lagu kebangsaan Indonesia itu dibuat dengan tempo yang lambat (seperti Lagu Kebangsaan Belanda) jadi jatuhlah pilihan ke lagu Indonesia Subur yang akhirnya bisa menjadi lagu kebangsaan Indonesia. Lagu Indonesia Subur ciptaan M. Safei ini menurut saya lebih condong menggambarkan keindahan dan kesuburan Tanah Indonesia ini, sehingga agak kurang cocok untuk dijadikan lagu kebangsaan pada masa awal kemerdekaan dulu. Karena pertimbangan nada, tempo, dan makna disetiap liriknya ( yang condong ke perjuangan) akhirnya lagu Indonesia Raya dinobatkan sebagai lagu kebangsaan Indonesia menggantikan Indonesia Subur. Untuk artikel terkait dengan lagu Indonesia Subur, sedang dalam proses penulisan.

Nilai : 98 dari 100

   Kita semua pasti hafal lirik lagu Indonesia Raya, jika memang ada yang belum hafal, ataupun adik-adik yang sedang menghafal untuk dinyanyikan di depan kelas, saya beri liriknya.

Ini dia videonya :




dan ini liriknya :

Indonesia Raya

Indonesia tanah airku
Tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri
Jadi pandu ibuku

    Indonesia kebangsaanku
    Bangsa dan tanah airku
    Marilah kita berseru
    Indonesia bersatu

Hiduplah tanahku!
Hiduplah negriku!
Bangsaku, rakyatku semuanya
Bangunlah jiwanya
Bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya

    Indonesia Raya!
    Merdeka, merdeka!
    Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya!
Merdeka, merdeka!
Hiduplah Indonesia Raya

    Indonesia Raya!
    Merdeka, merdeka!
    tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya!
Merdeka, merdeka!
Hiduplah Indonesia Raya



Bagaimana perasaanmu setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya? apakah kamu setuju bahwa Indonesia Raya lebih bagus daripada God Save The Queen  (Inggris) dan The Star Spangled Banner - nya USA ?

Ada yang saya ingin beritahu, bahwa lirik diatas bukan lirik full-nya, ya! Indonesia Raya yang biasa kita nyayikan setiap senin tidak semuanya. Sebenarnya masih ada 2 stanza lagi nanti saya bahas di artikel yang lain.

oke, jika anda ingin men-download sudah saya sediakan link-nya.

Untuk video Indonesia Raya (Mp4) bisa di download Disini
Untuk Lagu Vokal dan Instrumen (Mp3) bisa di download Disini
Untuk Lagu Instrumen saja (Mp3) bisa di download Disini


oke kita akan berjumpa lagi di artikel selanjutnya.
Sampai jumpa!


Related Posts:

0 Response to "Indonesia National Anthem - Informasi dan Download | GNA"

Post a Comment