Netherlands National Anthem - Informasi dan Download | GNA







Netherlands atau Dutch atau Holland atau lebih kita kenal sebagai Belanda adalah negara yang beribukota di Amsterdam. Belanda berbatasan langsung dengan Belgia di sebelah barat dan selatan, laut utara di sebelah utara dan sebagian baratnya, dan Jerman di bagian timurnya.




Apa yang menarik dari negara ini?

Ya! mungkin kalian semua sudah tahu, Belanda terkenal akan kincir anginnya, ataupun bunga tulipnya yang indah. Belanda bisa dibilang sebagai salah satu negara terbersih di dunia (Ini versi saya loh yaa)  mengapa demikian? Kita bisa lihat di internet ataupun Google Maps/Google Earth, pemandangan di belanda. Bagaimana? Belanda itu negara yang bersih dan indah, tidak ada lagi polusi di negri ini (sebenarnya ada sih, tapi dikit), tidak ada kemacetan di negri ini (maksudnya jarang).





Oke kita lanjutkan. Hal yang membuat saya kagum dari belanda ini, kita bisa bebas bersepeda kapanpun. Untuk mengurangi pemakaian bahan bakar fosil, pemerintah Belanda menyarankan penduduknya untuk bersepeda. Bahkan kita dibayar untuk itu, enak bukan?

Kita lanjutkan, negri yang menjajah Indonesia selama 3 abad ini sangat aneh menurut saya, sekitar 70% permukaan/daratannya dibawah permukaan laut.

Lah kok bisa?






 Bisa, jadi begini. Di pantai, atau perbatasan antara daratan dan perairan di Belanda dipasang tanggul yang tingginya melebihi tinggi permukaan laut. Sehingga air laut terhalang oleh tanggul dan tidak tumpah ke kota.

Oke, kita ke topik yang lain. Bisa dibilang Belanda adalah negara yang sangat bebas. Kita bandingkan dengan Indonesia :

Hukuman merokok di Belanda sama dengan hukuman menghisap ganja di Indonesia, dan Hukuman menghisap ganja di Belanda sama hukumnya dengan merokok di Indonesia.

Ada gambaran?

Jadi, kita lebih dikecam merokok daripada menghisap ganja di Belanda. Aneh bukan? mungkin maksudnya jika orang belanda ingin merusak tubuhnya, rusaklah tubuhnya sendiri dengan Ganja, jangan sampai kita niatnya merusak diri sendiri malah ikut merusak tubuh orang lain, contohnya merokok, : ). Jadi itu yang bisa kita pelajari dari Belanda (bukan kelegalan ganja loh ya)

Oke, daripada tambah ngaco aja tulisan ini, kita langsung bahasa saja lagu kebangsaan-nya. Lagu Kebangsaan Belanda berjudul, Wilhelmus van Nassouwe, atau Wilhem dari Nassau. Sebenarnya Lagu ini mempunyai 15 bait lirik (Cukup panjang) tapi biasanya hanya bait 1 dan 6 yang dinyanyikan. Adapun Wilhelmus van Nassouwe adalah salah satu lagu tertua di dunia yang ditulis padi tahun 1574, atau sudah berumur 443 tahun, WoW!




Bagaimana pendapatmu?

Saya kasih nilai 90 dari 100. Nadanya yang lembut dan bahasa Belanda yang khas menjadi alasan saya memberikan nilai demikian. Jika kalian penasaran dengan lagunya, kita langsung saja :

Video Mp4 Wilhelmus van Nassouwe :





Liriknya :


Wilhelmus van Nassouwe

Wilhelmus van Nassouwe
ben ik, van Duitsen bloed
den vaderland getrouwe
blijf ik tot in den dood

    Een Prinse van Oranje
    ben ik, vrij onverveerd
    den Koning van Hispanje
    heb ik altijd geerd

Mijn schild ende betrouwen
zijt Gij, o God mijn Heer
op U zo wil ik bouwen
Verlaat mij nimmermeer

    Dat ik doch vroom mag blijven
    uw dienaar t'aller stond
    de tirannie verdrijven
    die mij mijn hart doorwondt

Wilhelmus van Nassouwe
ben ik, van Duitsen bloed
den vaderland getrouwe
blijf ik tot in den dood

    Een Prinse van Oranje
    ben ik, vrij onverveerd
    den Koning van Hispanje
    heb ik altijd geerd

den Koning van Hispanje
heb ik altijd geerd


Link Download :
Video Mp4 : Download
Audio Mp3 Instrumen : Download
Audio Mp3 Instrumen + Vokal : Download

Bagaimana pendapatmu? Silahkan tulis di kolom komentar.
Sampai Jumpa di artikel selanjutnya!
Salam GNA!

Related Posts:

0 Response to "Netherlands National Anthem - Informasi dan Download | GNA"

Post a Comment